Sabtu, 10 Desember 2011

Sms an sewaktu tidur, gangguan saraf atau stress??


Pernah gak kalian mengalami mengirimkan sms saat kalian tertidur? Mungkin saat itu kalian tidak sadar (sudah pastilah, namanya juga tidur) tapi tatkala tidur itu, kalian ternyata juga secara tidak sengaja mengirim sms, entah itu menjawab sms yang masuk ataupun sms baru.


Setelah saya telusuri dan mencari tau apa penyebabnya ‘penyakit’ sms saat tidur ini, ternyata penyebabnya adalah STRESS yang berlebih dan terlalu banyaknya aktivitas menggunakan ponsel atau handled smartphone yang dilakukan saat sadar. Sehingga pada saat tidurpun seakan-akan diri kita ini menjadi ‘kecanduan’ dan tidak bisa lepas dengan ponsel.


Yah, begitulah seperti yang disampaikan oleh Dr. David Cunnington, pendiri sebuah klinik bernama Sleep Disorder Centre di Merlbourne, Australia.

“Orang yang berlaku demikian karena terlalu banyak beraktivitas dengan menggunakan ponselnya setiap hari sehingga mereka merasa harus selalu siap saat adanya telepon ataupun sms walaupun itu adalah waktu istirahat malam” ujar Dr Cunnington.

Bagi kalian yang pernah bahkan saat ini sedang mengalami hal yang seperti ini, agar kejadian ini tidak menjadi parah dan berdampak buruk bagi kesehatan kita sendiri, ada baiknya mengetahui cara menghindari agar sindrom SMS Saat Tidur ini tidak semakin memburuk. Berikut beberapa sarannya:
1. Jauhkan meletakan ponsel ataupun handled smartphone dari diri kita.
2. Matikan ponsel atau handled smartphone
3. Belajar menghargai waktu tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan ngantuk (sudah pasti), kurang darah, kurang konsentrasi, lemahnya daya tahan tubuh.

Gak mau kan suatu saat nanti kita dikomplain oleh orang lain yang dengan tidak sengaja kita kirimkan sms ‘nyasar. Yah kalau isinya baik, kalau isinya tidak baik wah wah wah.. tentu saja dampaknya tidak baik buat diri kita.

0 komentar:

Posting Komentar